Minggu, 01 Februari 2015

Pembahasan soal Momentum dan Impuls di PR LKS Modul Fisika (Kurikulum 2013) Halaman 57-59

Bagian I
1. Dimensi dari momentum adalah .....




2. Jika kecepatan gerak benda menjadi 4 kali kecepatan mula-mula, maka momentum benda menjadi ...... mementum mula-mula.








3. Sebuah impuls gaya sebesar 500 Ns bekerja pada benda selama 0.01 sekon. Besar gaya tersebut adalah .....  N.
 









4. Mobil dengan massa 800 kg bergerak dengan kelajuan 36 km/jam. Momentum mobil tersebut adalah .....





5. Dua bola masing-masing m1 = 6 kg dan m2 = 4 kg bergerak pada suatu garis lurus dalam arah berlawanan dengan kecepatan v1 = 4 m/s dan v2 = 6 m/s dan bertumbukan tidak lenting sama sekali. Kecepatan masing-masing benda sesaat setelah tumbukan adalah .......











6. Perhatikan pernyataan berikut!
    1) Tidak terdapat kehilangan energi
    2) Berlaku hukum kekekalan momentum
    3) Berlaku hukum kekekalan energi mekanik
    4) Koefisien Resistuensi adalah nol
    Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan syarat terjadinya tumbukan tidak menting sama sekali adalah 2 dan 4.
Pernyataan 1) merupakan syarat terjadinya tumbukan lenting sempurna
Pernyataan 2) merupakan syarat terjadinya tumbukan lenting sempurna, lenting sebagian dan tidak lenting sama sekali
Pernyataan 3) merupakan syarat terjadinya tumbukan lentung sempurna
Pernyataan 4) nerupakan syarat terjadinya tumbukan tidak lenting sama sekali

7. Bola A dan Bola B bergerak dia atas bidang datar pada satu garis kerja. Bola A dengan massa 2 kg bergerak ke kanan dengan kecepatan 4 m/s dan bola B dengan massa 1 kg dengan kecepatan 6 m/s. Kedua bola bertumbukan sentral. Kecepatan masing-masing bola setelah tumbukan jika tumbukan kedua bola tidak lenting sama sekali adalah ....... m/s.





















8. Mobil bermassa 1000 kg melaju dengan kecepatan 72 km/jam. kemudian mobil tersebut menabrak truk yang ada di depannya yang bermassa 3000 kg dengan kecepatan 36 km/jam searah geraknya. Jika setelah tumbukan mobil dan truk tersebut bergerak bersama-sama, maka keceoatan setelah tumbuukan adalah ... km/jam.











9. Setelah peluru dengan massa 20 g ditembakkan dengan senapan yang bermassa 2 kg. Jika kecepatan peluru saat meninggalkan moncong senapan 10 m/s, maka kecepatan setelah tumbukan adalah .... m/s.











10. Sebuah gaya konstan bekerja pada benda yang mula-mula diam sehingga dalam waktu 0.1 sekon kecepatan benda menjadi 4 m/s. Jika massa benda 1.5 kg, maka besar gaya tersebut adalah ...... N.








Bagian II

1. 2 benda yang massanya sama masing-masing 2 kg saling mendekati dengan kecepatan 6 m/s (ke kanan) dan 2 m/s (ke kiri). Setelah tumbukan kedua benda menjadi satu , maka tentukan besarnya kecepatan kedua benda setelah tumbukan!


















2. Sebuah truk yang sedang berhenti ditabrak oleh sebuah mobil yang berjalan dengan kecepatan 72 km/jam. Setelah kedua benda itu berpadu satu sama lain. Jika massa truk 1400 kg dan massa mobil 600 kg, maka tentukan kecepatan kedua kendaraan setelah tumbukan!










3.  2 buah benda dengan massa sama, keceepatan masing-masing 10 m/s dan 20 m/s. Kedua benda dari arah berlawanan, bertumbukan lenting sempurna. Tentukan kecepatan masing-masing benda setelah bertumbukan!


















4. Plastisin (lilin) berbentuk bola bermassa 200 g dilempar pada arah mendatar dan menumbuk sebuah papan yang digantung (bermassa 800 gram). Plastisin menempel pada papan itu dan keduanya bergerak. Jika kecepatan plastisin saat menumbuk papan 5 m/s, maka tentukan kecepatan kedua benda sesaat setelah menumbuk!











5. Sebuah benda bermassa 2 kg berada dalam keadaan diam di permukaan meja yang licin. Kemudian, benda itu digerakan secara mendatar oleh sebuah gaya mendatar F. Gaya tersebut berubah terhadap waktu menurut F = 30-6t, dengan t dalam sekon dan F dalam N. Tentukanlah :
   a. grafik hubungan gaya (F) terhadap waktu (t).
   b. Impuls yang bekerja pada benda tersebut.
   c. Kecepaatn benda setelah 5 sekon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar