Minggu, 01 Februari 2015

Pembahasaan soal Hukum Gravitasi Newton di PR LKS Modul Fisika (Kurikulum 2013) hal 27-28

Bagian I
1. Kuat medan gravitasi pada permukaan bumi sama dengan ......










2. Dimensi dari tetapan gravitasi umum G adalah .......











3. Dua buah bulan dari planet Yupter memiliki jari-jari yang sama, tetapi massanya berbanding 3:2. Perbandingan percepatan gravitasi pada permukaan kedua bulan tersebut adalah .....









4.  Besar gaya gravitasi antara dua buah benda yang berinteraksi adalah berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda.














5. Sebuah planet mempunyai massa 4 kali dari massa bumi dan jari-jari 3 kali jari-jari bumi. Ayunan sederhana di bumi mempunyai periode 2 sekon. Periode dari ayunan sederhana tersebut jika dibawa ke planet tersebut adalah .......... (Pertanyaan ini sebenarnya pertanyaan pada bab Gerak Harmonik Sederhana)











6. Dua buah planet P dan Q mengorbit ke matahari. Apabila perdandingan antara jarak planet P dan planet Q ke matahari adalah 4:9 dan periode planet P mengelilingi matahari 24 hari, maka periode planet Q mengelilingi matahari adalah ...... hari.














7. Planet A dan planet B masing-masing berjarak rata-rata sebesar p dan q terhadap matahari. Planet A mengitari matahari dengan periode T. Jika p = 4q, maka B mengitari planet matahari dengan periode .... T.























8. Dua buku besar di atas meja dan memiliki jarak pusat massa 1.5 m. Jika massa buku tersebut 0.5 kg dan 0.45 kg, maka besar gaya gravitasi yang dirasakan oleh buku yang satu karena pengaruh gravitasi buku yang lain sebesar ...... N.
























9. Percepatan gravitasi dipermukaan bumi sebesar 10 m/s^2. Percepatan gravitasi yang dirasakan oleh sebuah benda yang dijatuhkan dari pesawat yang mengorbit pada ketinggian 2R (R = jari-jari bumi) adalah .... m/s^2.














10. Jarak rata-rata planet A dan B terhadap matahari masing-masing berbanding 4:1. Jika periode planet A adalah 704 hari, maka periode planet B adalah ..... hari.














Bagian II

1. Apa persamaan dan perbedaan antara gaya gravitasi dan percepatan gravitasi?
Persamaan dari gaya gravitasi dan percepatan gravitasi adalah arah vektornya, dimana arahnya menuju ke pusat bumi, sedangkan perbedaannya adalah gaya gravitasi merupakan hasil kali dari mssa suatu benda dengan paercepatan gravitasi, seedangkan percepatan gravitasi adalah komponen dari hasil perkalian pada gaya gravitasi atau berat benda.

2. Jelaskan yang anda ketahui tentang hukum III Keppler!
Hukum III Keppler adalah hukum yang menjelaskan bahwa nilai dari hasil pembagian dari kuadrat periode dengan pengkat tiga jarak suatu planet-matahari konstan, maka kuadrat periode berbanding luruis dengan pangkat tiga jarak suatu planet sampai ke matahari.

3. Tiga benda homogen masing-masing bermassa 2 kg, 3 kg, dan 4 kg, berturut-turut terletak pada koordinat (0,0), (4,0) dan (0,4) dalam sistem koordinat Cartesius dengan satuan meter. Tentukanlah gaya gravitasi antara benda 2 kg dan 3 kg, antara 2 kg dan 4 kg, dan gaya total gravitasi antara benda 2 kg!













4. Planet Yupiter memiliki jarak orbit ke matahari yang diperkirakan sama dengan 4 kali jarak orbit bumi ke matahari. Periode revolusi bumi mengelilingi matahari 3 tahun. Berapakah periode Yupiter tersebut mengelilingi matahari?

















5. Dua buah benda A dan B berjarak 20 cm. Massa A sebesar 24 kg dan massa B sebesar 54 kg. Dimanakah tempat suat titik yang memiliki kuat medan gravitasi sama dengan nol?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar