Sabtu, 14 Februari 2015

Sharing-sharing pengalaman gw pas ikutin olimpiade astronomi 2015


      Hello, guys. Hri ini gw bakal ngeshare pengalaman gw pas ikutin olimpiade.

      Pada 28 Januari 2015, gw dipilih olimpiade astronomi ama guru fisika gw, bu Uthe. Tpi pas itu, bu Uthe milih gw 2 minggu sblum olimpiade, jadi persiapan gw sangatlah singkat. Tpi gw gak takut ato tegang, karena pikiran gw menang ato kalah, gk pnting, yg pnting gw berusaha scara maksimal. Walaupun kyk gtu bkan brarti gw bersantai, gw ttep blajar maksimal, kyk kalo ada kata-kata yg gw gk ngerti, gw cri di internet, tapi sayangnya gw gk mnta bimbingan dari guru bimbingan, krna guru bimbingan gw tuh, Pak Tero, ngajar klas 12, jdinya guru gw gk smpet ngajarin gw. Tapi gw juga nyuruh dia ngajarin klas 12 aja, dan gw blang ke dia, gw bisa blajar sndiri, karena kelulusan klas 12 lbih pnting dripada kondisi gw dalam menghadapi olimpiade.

      Gw hanya dibimbing gw hanya 1 kali, dan guru pembimbing gw juga kasih buku olimpiadenya dan nyaranin gw blajar geografinya. Lalu, gw prgi ke perpus untuk mnjem buku geografi klas 1 ama 2, dan buku astronomi khusus olimpiade.

     Bahan bjar gw gk hanya itu aja. Gw cri soal OSN thun lalu, dan gw print. Soal OSN astronomi ada 30 biji soal, tpi syangnya gw gk ngerti ama skali, jdi gw cri jwabannya satu-satu. Tpi untungnya gw nemu pembahasannya di blog taufiqastronomi.blogspot.com . Slain gw nyalin pembahasaanya, gw jga knalan ama orangnya di blog melalui Gmail. Tpi sayangnya dia gk jwab2.

      Slama 2 minggu, gw habisin untuk blajar olimpiade, dan gw gk ska bjalar di skolah (klo lgi istirahat), karena dsana bising, tpi sih gk smua wktu u/ blajar olimpiade, karena wktu itu gw ada ulangan bio, fisika (itu sih gampang) ama kimia, jdi gw gk smpet blajarin astronomi. Ama klo gw bangunnya subuh, gw plajarin astronomi. Dan gw gk lupa untuk berdoa.

     Pas hri trakhir persiapan, gw bner-bner bljar untuk besok tanpa santai, lalu gw tidur jam 8.30 mlem u/ bangun subuh. Hbis bangun subuh, gw review apa yang gw dah plajarin.

    Pada 11 Febuari 2015, gw prgi ke sklh jam 7 kurang. Sblm brangkat, gw sarapan nasi ama tlor, krna tlor mengandung protein untuk otak dan pnting untuk otak. Pas dsana, gw blajar sedikit bersama tmen2 gw, Palpin (adik klas gw) (ikut olimpiade Fisika), Jacky (ikut olimpiade Matematika), Izattinnur (ikut olimpiade Biologi), Ockynawa (ikut olimpiade TIK), Dea (ikut Olimpiade Geografi), Regina (ikut olimpiade Biologi), Putri (Ikut Olimpiade Kimia) dan 2 orang yg gw gtw namanya (ikut Olimpiade Kebumian ama Ekonomi).
Hbis itu, gw ama kwan2x foto2x ama guru2x.

    Gw prgi ke Hotel Agro ama kwan2x pke mobil (yg nyetir supir, bkan gw, gw gk bsa bwa mobil). Krna Olimpiadenya dsana. Krna ada 15 orang (dah msuk guru-guru, kwan gw dan gw sndiri), jdi untuk ke sana, pke 2 mobil, mobilnya pak Tero ama pak Mungin (guru agama Islam), sklaigus supirnya yang punya mobil.

    Pas dsana, gw knalan ama SMAN 2, 3, 4, 5, 6, 7 ama 8 Bintan ama SMAN swasta. Msing-msing SMAN lain daerah ama jauh dri SMA gw, SMAN 1 Bintan di Korindo. Msing2x SMA ada yg di Tanjung Uban, Numbing, Kawal dan sbg.

   Sblum olimpiade, acara pertama itu pembukaan... gw ama kwan2x nyanyi lagu Indonesia Raya, dengerin salam pembuka ama berdoa. Hbis itu sblum olimpiade gw ama kwan2x dikasih kue ato makanan, kuenya mntap (y). Hbis itu baru mulai olimpiadenya, olimpiadenya pake 2 ruang, yg dpke untuk pembukaan ama ruangan yg dket palang security. Pas itu ruang yg dipke utk pembukaan tuh yg ikutin Olimpiade mat, fisika, biologi, kimia, ama TIK, sementara itu ruangan yg dket palang security dipke untuk yg ikutin olimpiade Astronomi, geografi, kebumian, ama ekonomi. Pas itu gw, Dea, ama 2 org yg gw gtw namanya dpet ruang yg dket ama palang security. Malah jauh lgi dri ruang yg dpke u/ pembukaan. Ama gw gtw lgi arahnya. Jdi gw ama 3 tmen gw pke mobil untuk ke tmpet yg dket ama palang sekurity. Pas di mobol, gw duduk di blakang, krna pas itu yg 3 cewek smua, kalo gw duduk ama mereka, tkut gw dkira modus.


   Pas dsana, gw dpet amplop yg brisi 2 nota, 1 pulpen, 1 pensil ,1 botol aqua ama lemteg. Jam 9.30, ujian dimulai, soal olimpiade astronomi 30 soal, waktu 2 stngah jam. Sblum gw ngerjain, gw dengerin dulu instruksinya dari pengawas, isi nama, asal skolah, tanda tangan gw ama bidang pelajaran yg gw ikutin.  Soalnya susah banget, gw puyeng liat soal astro-nya ama yg pke bhasa Inggris (7 soal). Gw cman bsa yg matematikanya ama fisikanya. Gw cman isi 20 soal, 10 gw kosongin (4 soal bhasa Inggris gw kosongin), soalnya tuh kalo 'salah'  nilai dkurangin, 'gk diisi' nilainya nol. Jdi gw gk brani isi smua.

    Pas 12.00, gw slesai, tpi gw gk bsa kluar krna msih ada yg blum slesai. Geografi ama ekonomi wktunya bda dri astronomi ama kbumian. Astronomi ama kebumian 2 stengah jam, geografi ama ekonomi 3 jam, jdi gw hrus nunggu  stngah jam. 30 mnit kemudian, geo ama eko abis waktunya dan hrus dkumpulin. Hbis itu gw dpet makanan gratis. Isinya nasi, sayur, ayam tepung, puding ama air. Hmm.... rasanya enak nyam....nyam.......nyam delicious! *alay*.

  Pas hbis makan, gw ama 3 cewek itu blik ke tempat pembukaan untuk acara penutupan. Pas penutupan, juri maw nentuin juara sapa, eh tpi kunci jawabannya msih blum nyampe ke Bintan, jdi gw ama kwan2x harus nunggu nyampe kunci jwaban itu nyampe. Tdinya sih bneran harus nunggu, eh 10 mnit kmudian orng2x nyaranin gw lngsung plang...... Ya bguslah dripada nunggu lama kyk orang gila cman demi kuci jawaban, mnding plang aja. Cpek. Pngen langsung plang. Dan terpaksa pengumuman diumumkan bsok.

   Keesokan hrinya, gw dah dpet britanya sapa yg mnang. Dan hsilnya gw gk dpet juara. Yg juara si Jacky, Izzati, Regina, Palpin, Dea, Ockynawa, ama yg ikut kebumian. Gw, Putri, ama yg ikut ekonomi gk dpet juara. Gw smpet sdikit kecewa, tpi itu gk jdi msalah buat gw, yg pnting gw berusaha, sportif ama gk curang. Si Putri ktanya nyampe sedih, krna gk dpet juara. Dan sbenarnya tujuan gw ikutin olimpiade tuh bkan untuk mncari prestasi, tpi gw ikut olimpiade untuk mencari ilmu. Pas istirahat pertama, gw ama yg ikut olimpiade dsuruh ke meja piket untuk ambil amplop. Isi amplopnya msing2x Rp. 50000,-. Syukurlah saya dpet uang yg ckup bnyak.


Ini saja yg gw sampaikan, smoga crita gw ini bisa jadi motivasi anda yang membaca ini !
Thank you for reading! See you next time! Don't forget to share this moment!

    

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar